11 Kesunahan Dalam Puasa Ramadhan

11 Kesunahan Dalam Puasa Ramadhan

Sunnah puasa adalah suatu perbuatan yang dikerjakan oleh orang yang puasa untuk menambah kesempurnaan puasa. Bila dikerjakan akan mendapakan pahala bila tidak dikerjakan tidak berdosa.

Kesunahan dalam berpuasa ramadhan antara lain:


  1. Berdoa ketika masuk bulan ramadhan. Adapun doanya:“allahumma salimni ramadhan wa salim ramadhan liy asalimhu minni mutakabbalan”Artinya: ya Allah berikanlah aku untuk ramadhan dan berikanlah ramadhan untukku serta selamatkanlah ia dari amal burukku dan jadikanlah ia sebagai amal ibadah yang diterima.
  2. Mandi jika sedang berhadas besar sebelum fajar jika kita sedang berada dalam keadaan junub. Hal ini dikarenakan agar kita ketika berpuasa dalam keadaan bersuci.
  3. Makan sahur dan mengakhirinya.Sebagaimana disabdakan oleh rasululluah yang diriwayatkan oleh anas: “sahurlah kalian semua, karena sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah (HR. Bukhari dan Muslim).
  4. Menyegerakan berbuka puasa dengan kurma jika tidak menemukan kurma boleh dengan menggunakan air. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.“jika salah seorang di antara kalian berpuasa , maka berbukalah dengan menggunakan kurma, jika ia tidak menemukan kurma, maka berbukalah dengan menggunakan air. Sesungguhnya air itu suci dan mensucikan,” (dishaihihkan oleh al-turmudzi, ibnu hibban dan al-hakim)
  5. Berdoa ketika berbuka puasa. Adapun doa berbuka puasa “Allahumma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftartu birahmatikaya arhamarahimin”
  6. Menjaga diri dari sesuatu yang dapat menghilangkan pahala puasa. Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Saw yang diriwayatkan oleh abu hurairah “barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan atau perbuatan dusta maka bagi Allah tidak memiliki kepentingan (hak) dalam meniggalkan makanan dan minuman orang tersebut,”(HR. Bukhari) 
  7. Menjahui perbuatan yang dapat membangkitkan syahwat separti mencium istri dan sebagainya.
  8. Membaca al-quran terutama di malam hari atau tadarus al-quran. sebagaimana sabda nabi saw: surga sangat rindu empat golongan, yaitu: pebaca al-quran, pemelihara lisan dari ungkapan keji dan mungkar, memberi makan pada orang yang lapar, serta mereka yang ahli puasa dibulan ramadhan.” (Ronaqul Majalis)
  9. Memberi makan pada orang lain untuk berbuka puasa. Sebagaimana yang disabdakan nabi saw: “barang siapa yang memberi makanan berbuka puasa pada orang yang berpuasa, maka baginya mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang berpuasa itu dan tidak kurang sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu.” (HR. Turmudzi)
  10. Memperbanyak sedekah kepada kerabat, famili, atau tetangga sekitar, terutama fakir miskin. Sebagaimana diterangkan dalam hadis nabi Saw: dari anas, ditanyakan kepada rasulullah saw, apa sedekah yang lebi baik?, jawab rasulullah saw : sedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan ramadhan.” (HR. Turmudzi)
  11. I’tikaf di masjid, terutama sepuluh akhir di bulan ramadhan. Sebagaiman dalam hadis yang diriwayatkan oleh aisyah ra: “rasulullah saw selalu i’tikaf di sepuluh akhir  dari bulan ramadhan sampai beliau wafat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah kesunnahaan-kesunnahan puasa ramadhan yang dapat kita amalkan dalam bulan ramadhan yang mulia ini, semoga amal ibadah puasa kita diterima disisi Allah, Aamiin. 

Sumber: Fikih Ramdhan 


uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

1 Response to "11 Kesunahan Dalam Puasa Ramadhan"

  1. sangat membantu dalam melaksankan sunnah dibulan ramadhan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel