Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban


Malam Nisfu Sya'ban murupakan malam yang penuh berkah, Malam Nisfu Sya'ban juga bisa di artikan dengan pertengahan di bulan sya'ban yang terjadi pada tangal 15 di bulan sya'ban banyak sekali hadis yang berkenaan tentang keutamaan malam nisfu sya'ban.

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Hadis yang berkenan tentang Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban di antranya yang di riwayatkan oleh Ibnu Majah bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Jika datang malam pertengahan bulan Sya’ban, maka lakukanlah qiyamul lail, dan berpuasalah di siang harinya, karena Allah turun ke langit dunia saat itu pada waktu matahari tenggelam, lalu Allah berfirman, ‘Adakah orang yang minta ampun kepada-Ku, maka Aku akan ampuni dia. Adakah orang yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku akan memberi rezeki kepadanya. Adakah orang yang diuji, maka Aku akan selamatkan dia, dst…?’ (Allah berfirman tentang hal ini) sampai terbit fajar.” (HR. Ibnu Majah, 1/421; HR. al-Baihaqi dalam Su’abul Iman, 3/378).

Hadis yang kedua diriwayatkan oleh A'isah Ra, mengatakan: Aku pernah kehilangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian aku keluar, ternyata beliau di Baqi, sambil menengadahkan wajah ke langit. Nabi bertanya; “Kamu khawatir Allah dan Rasul-Nya akan menipumu?” (maksudnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberi jatah Aisyah). Aisyah mengatakan: Wahai Rasulullah, saya hanya menyangka anda mendatangi istri yang lain. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam nisfu syaban, kemudian Dia mengampuni lebih dari jumlah bulu domba bani kalb.” (HR. At- Turmuzi)

Hadis yang ketiga yakni yang di riwayatkan oleh Abu Musa Al-Asyar'i bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (hadis ini di shohihkan oleh Imam Al-Bani )

selain keutaman juga kita di anjurkan untuk memperbanyak Amalan di malan nisfu sya'an ini. Di antara amalan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keridoan Allah Swt.

yang pertama memperbanyak berdoa kepada Allah Swt.

kedua, membaca yasin tiga kali yang kita niatkan agar Allah mengampuni dosa kita, yang kedua agar Allah menjauhkan bala dan musibah dan yang ketiga agar hajat kita di kabulkan oleh Allah dan di wafatkan dalam keadaan khusnul khotimah.

ketiga, sholat sunnah tasbih empat rakat.

keempat, memperbanyak zikir dan istigahfar kepada Allah Swt.

kelima, memperbanyak sholat malam dan sholat-sholat sunnah lainnya.

keenam, memperbanyak sholawat kepada Rasululillah Saw.

ketujuh, memperanyak puasa di bulan sya' ban, sebagimana yang di sabdakan oleh Nabi Saw "“Apabila datang malam Nisfu Syaban, beribadahlah di malam harinya dan puasalah di siang harinya” (HR: Ibnu Majah)

Terkait dengan amalan-amalan di atas bagaimana hukumnya? menurut Al-Imam syeh Muhammad bin Alwi Al-Maliki."“Tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salehnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin. Siapa saja yang membaca Surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta‘ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah. Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salehnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut).”

Jelaslah jika kita mengerjakan Amal-amal tersebut dengan mengaharapkan keridoa Allah Swt Insyallah akan di terima oleh Allah Swt dan apa yang kita ingginkan di kabulkan oleh Allah.








uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel