7 Keutamaan Bulan Ramadhan

7 Keutamaan Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Wr.Wb. Alhmadullah puji dan syukur selalu kita panjatkan kepada Allah Swt yang telah menghidupkan kita sampai detik ini. Salawat dalam salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw. 

Sobat santri tak terasa sebantar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan, bulan yang dilipat gandakan amal ibadahnya, bulan yang dirindukan oleh orang-orang sholeh. Bulan ini bernama bulan ramadhan. 

Bulan ramadhan ini mempunyai keutamaan yang banyak sekali di antara keutamaannya sebagai berikut:

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran


Bulan Ramadahan adalan bulan di turunkannya Al-Quran di mana Allah menurukan Al-Quran secara keseluruhan dari lauhil mahfuz ke baitil izza. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ 

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk 
itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Q.S Al-Baqaroh:185).

2. Allah Menurunkan Lailatul Qodar Pada Bulan Ramadhan.


Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari malam seribu bulan di mana barang siapa yang beribadah di malamnya Allah akan lipat gandakan amalnya melebihi ibadah selama seribu bulan. Bayangkan sobat jika kita beribadah yang amal ibadahnya melebihi umur kita. 

Maka jangan sia-siakan bulan ramadahan ini perbanyak solat malam dan ibadah terawih, agar kita mendapatkan lailatul qodar.

3. Bulan Ramadhan Diwajibkannya Berpuasa.


Puasa merupakan rukun islam yang wajib dikerjkan oleh setiap umat islam. Mengerjakan puasa merupakan kewajiban kita. Sebagaimana firman Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqaroh:183)

Selain puasa menjadi kewajiban bagi kita, puasa juga mempunya nilai pahala yang begitu besar dan akan ditempatkan ditempat yang khusus, bahkan nabi pernah berasabda: barang siapa yang ahli puasa, maka ia akan di panggil dari pintu rayyan .” (HR Bukhari)

4. Orang Yang Bersedekah Pada Bulan Ramadhan Akan Dilipat Gandakan Ganjarannya Dan Akan Dimasukkan Di Surga.


Sebagaimana yang di sabdakan oleh rasulullah saw: “barang siapa yang ahli sedekah, maka ia akan dipanggil  dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari)

5. Pada Ramadhan Allah Akan Membelengu Para Syetan-Syetan Yang Menggoda Manusia Dan Pintu-Pintu Neraka Akan Ditutup Oleh Allah Dan Pintu Surga Dibuka Seluas-Luasnya.


Di belenggunya syetan agar kita selalu giat dalam beribadah kepada Allah swt. Untuk itu marilah kita berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan ramadhan dengen memperbanyak tadarus al-qur’an dan qiyamul lalil atau solat malam. 

Setiap maleikat akan mengawasi kita setiap saat, maka ketika kita melakukan kebaiakan di bulan ramadhan ini Allah akan membebaskan kita dari api neraka.
Sebagimana sabda nabi:

“saat awal bulan ramadhan tiba, maka syetan-syetan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak satupun dibuka, pintu-pintu surga di buka tidak satupun yang di kunci lalu ada suara berkumandang, “wahai pencari kebaikan sambutlah (kebaikan ramadhan)!, wahai pemburu keburukan berhentilah! Dan Allah akan membebaskan dari neraka. Hal ini terjadi setiap malam. (HR. Turmudzi).

6. Orang Yang Mengidupkan Malamnya Dengan Ibadah Kepada Allah Akan Di Ampuni Dosanya Yang Telah Lalu.


Orang yang mengidupkan malamnya dengan ibadah kepada Allah, seperti berzikir tarawih, dan tadarus al-quran setiap malamnya. Mereka yang hanya mengharapkan keridoan Allah, mereka ini akan mendapatkan ampunan Allah. 

Sebagaimana yang disabdakan nabi:

“barang siapa yang melakukan ibadah (sholat tarawih) di bulan ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan rido dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Allah Akan Melipat Gandakan Ibadah Umroh Seperti Pahala Ibadah Haji.


Orang yang melakukan ibadah umur di bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang begitu besar seperti pahala ibadah haji.

Sebagaimana yang di sabdakan nabi saw:

“Ibadah umroh yang dikerjakan di bulan ramadhan itu menyamai pahala ibadah haji.” 

Kesimpulan:


Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah di mana syetan-syetan dibelenggu oleh Allah, pintu surga dibuka seluas-luasnya, amal kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah. 

Bulan ramadhan bulan diturunkannya al-quran, bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan ramadhan di wajibkan berpuasa di dalamnya, barang siapa yang meminta ampun kepada Allah maka Allah akan mengampininya.

Itulah tujuh keutamaan bulan ramadhan. Semoga kita bisa bertemu di bulan ramadhan.

Wassalmualaikum Wr.Wb




uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

1 Response to "7 Keutamaan Bulan Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel