Contoh Pidato Perwakilan Dari Pihak Pengantin Laki-laki Dalam Acara Pernikahan



Assalamualaikum Wr.Wb. Sobat santri kali ini kami akan memberikan contoh bagimana jika kita diminta untuk mewakili dari pihak lelaki dalam hal serah terima pada acara pernikahan khususnya pada acara pernikahan.

Di sini kami akan memberikan Contoh Pidato Perwakilan Dari Pihak Pengantin Laki-Laki

Yang Pertama, Penghormatan Kepada Tuan Rumah Atau Mempelai Wanita.


Contoh:

Yang kami hormati: tuan rumah berserta keluarga
Yang kami hormati: para alim ulama dan tokoh masyarakat di desa (.....)
Yang kami hormati: calon mempelai wanita dan mempelai pria yang berbahagia
Tak lupa kepada tamu undangan yang dimuliakan oleh Allah.

Yang Kedua, Mukadimah 


الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah swt  yang telah mempertemukan kita di acara walimatul urusy dalam keadaan sehat walafiat, semoga acara pada hari ini berjalan dengan lancar. Aamiin

Kedua kalinya solawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada Nabi kita Muhammad saw, Beliaulah yang telah mengajarkan kita tentang kasih sayang terhadap sesama manusia.

Yang Ketiga, Menyampaikan Maksud Kedatangan Dari Pihak Lelaki.


Contoh:

Bapak/Ibu dan para hadirin yang dimuliakan Allah.
Saya memwakili dari pihak laki-laki mengucapkan beribu terima kasih atas penyambutan yang luar biasa kepada rombongan kami. Untuk itu kami tidak dapat membalasnya kecuali ucapan terima kasih kepada tuan rumah.

Untuk mempersingkat waktu ijinkalah kami pada kesempatan ini untuk menyampaikan beberapa hal.
Kami selaku orang tua menyerahkan putra kami yang bernama .... bin ..., dan mulai saat ini anak kami ... telah resmi menjadi putra Bapak. Oleh karenanya Bapak dan Ibu jangan segan-segan untuk memberikan nasehat dan memberikan arahan anak kami agar anak kami bisa belajar bertanggung jawab dalam mengarungi bahtera rumah tangga dan kelak bisa menjadi keluarga yang sakinnah, mawaddah, dan warahmah.

Dan tak lupa kepada warga yang ada di desa ini terlebih tokoh masyarakat yang ada di sini, kami titipkan anak kami ... untuk menjadi warga baru di sini. Mohon kiranya kita bersama yang ada di sini dapat saling membatu. Ajaklah anak kami ini jika ada kegiatan gotong royong yang ada di kampung ini, dan jika anak kami melakukan kesalahan atau kekhilafan jangan sungkan untuk memberikan peringatan dengan cara yang baik. Karena kami selaku orang tua tahu, anak kami ini masih banyak kekurangan dan masih butuh bimbingan dari bapak ibu sekalian.

Yang Keempat, Mendoakan Dan Memberikan Nasehat Kedua Mempelai


Contoh:

Tidak henti-hentinya kami selaku orang tua selalu medoakan kedua mempelai agar selalu hidup rukun dalam mengarungi bahtera rumah tangga, dan semoga kedua mempelai dikaruniai anak-anak yang sholeh dan sholeha yang selalu taat kepada orang tua dan penyejuk hati keduanya.

Dan kami selaku kedua orang tua mempelai memenyapikan pesan yang harus dipegang dalam mengarungi bahtera rumah tangga, yakni jika sewaktu-waktu ananda berdua menghadapi masalah atau berbeda pendapat di antara keduanya hendaknya dihadapi dengan hati yang jernih jangan mendahulukan nafsu dan amarah dan sebisa mungkin keduanya harus ada yang mengalah, agar terciptanya keluarga yang sakinnah, mawwadah, warahmah.

Kelima, Penutup Dan Sedikit Pantun 


Contoh:

Mungkin sampai di sini dulu sambutan kami kami, saya mewakili keluarga dari pihak mempelai pria mohon maaf sebesar-besarnya, jika dalam hantaran dan penyampaian kami terdapat kekurangan, kesalahan dan kekhilafan. Karena kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari kami peribadi.

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalaulah masi kita diberi umur panjang
Bolehlah kita bersiaturahmi

Akhirul kata. Wassalamu’alaikum Wr.wb

Rangkuman 


Contoh Pidato Perwakilan Dari Pihak Pengantin Laki-Laki


Assalamu’alaikum wr.wb

Yang terhormat, kepada shahibul hajat yang kami hormati
Yang sama-sama kita hormati, para alim ulama dan tokoh masyarakart desa ... yang kami muliakan
Yang lagi berbahagia, mempelai laki-laki dan wanita semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Dan tak lupa para tamu undangan yang di muliakan oleh Allah

Alhamdulillah..

Petama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Allah Swt yang mana telah
melimpahkan begitu banyak nikamat-Nya, nikmat iman, ihsan, dan waktu luang. Sehingga dapat menghadiri serta melangsungkan acara akad nikah putra kami yang bernama .... bin .... dengan saudari .... binti .... yang akan dilaksankan sebentar lagi.

Kedua kalinya, tak lupa kita haturkan sholawat serta serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammmad saw, karena berkat jasa beliaulah kita bisa merasakan nikmat iman dan ihsan.

Para hadirin yang dirahmati Allah swt

Saya mewakili dari pihak laki-laki mengucapkan beribu terima kasih atas penyambutan yang luar biasa kepada rombongan kami. Untuk itu kami tidak dapat membalasnya kecuali ucapan terima kasih kepada tuan rumah.

Untuk mempersingkat waktu ijinkalah kami pada kesempatan ini untuk menyampaikan beberapa hal.
Kami selaku orang tua menyerahkan putra kami yang bernama .... bin ..., dan mulai saat ini anak kami ... telah resmi menjadi putra bapak. Oleh karenanya bapak dan ibu jangan segan-segan untuk memberikan nasehat dan memberikan arahan anak kami agar anak kami bisa belajar bertanggung jawab dalam mengarungi bahtera rumah tangga dan kelak bisa menjadi keluarga yang sakinnah, mawaddah, dan warahmah.

Dan tak lupa kepada warga yang ada di desa ini terlebih tokoh masyarakat yang ada disini, kami titipkan anak kami ... untuk menjadi warga baru disini. Mohon kiranya kita bersama yang ada disini dapat saling membatu. Ajaklah anak kami ini jika ada kegiatan kegiatan gotong royong yang ada di kampung ini, dan jika anak kami melakukan kesalahan atau kekhilafan jangan sungkan untuk memberikan peringatan dengan cara yang baik. Karena kami selaku orang tua tahu, anak kami ini masih banyak kekurangan dan masih butuh bimbingan dari bapak ibu sekalian.
Bapak/ibu dan hadirin yang dimuliakan Allah

Tidak henti-hentinya kami selaku orang tua selalu medoakan kedua mempelai agar selalu hidup rukun dalam mengarungi bahtera rumah tangga, dan semoga kedua mempelai dikaruniai anak-anak yang sholeh dan sholeha yang selalu taat kepada orang tua dan penyejuk hati keduanya.
Dan kami selaku kedua orang tua mempelai memenyapikan pesan yang harus dipegang dalam mengarungi bahtera rumah tangga, yakni jika sewaktu-waktu ananda berdua menghadapi masalah atau berbeda pendapat diantara keduanya hendaknya dihadapi dengan hati yang jerni jangan mendahulukan nafsu dan amarah dan sebisa mungkin keduanya harus ada yang mengalah, agar terciptanya keluarga yang sakinnah, mawwadah, warahmah.

Bapak/ibu dan para hadirin yang dimulikan Allah

Mungkin sampi disini dulu sambutan kami kami, saya memwakili seluarga dari pihak mempelai peria mohon maaf sebesar-besarnya, jika dalam hantaran dan penyampaian kami terdapat kekurangan, kesalahan dan kekhilafan. Karena kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari kami peribadi.

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalaulah masi kita diberi umur panjang
Bolehlah kita bersiaturahmi

Akhirul kata. Wassalamu’alaikum Wr.wb

itulah contoh kata sambutan dari perwakilan pihak laki-laki, jika ingin berbalas pantun bisa berdiskusi terlebih dahulu terhadap keluarga mempelai peria.

sekian dari kami.

Wassalamu’alaikum Wr.wb

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Contoh Pidato Perwakilan Dari Pihak Pengantin Laki-laki Dalam Acara Pernikahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel