TANGGUNG JAWAB SEORANG MUSLIM


Hadirin Rohimakumullah...

Kita tahu di zaman yang serba modern ini banyak saudara-saudara kita yang mementingkan fasilitas yang super canggih dan melupakan tanggung jawabnya dilahirkan di muka bumi ini sebagai seorang muslim. Oleh karena itu kami sebagai seorang muslim berkewajiban untuk meluruskan tanggung jawab kita semua lewat pidato kami yang saya beri judul:

TANGGUNG JAWAB SEORANG MUSLIM

Hadirin yang berbahagia…

Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi dan membahas secara luas, alangkah baiknya kita dengarkan lantunan ayat al-quran surah At-Tahrim  ayat 6:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ عَلَيۡهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٞ شِدَادٞ لَّا يَعۡصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمۡ وَيَفۡعَلُونَ مَا يُؤۡمَرُونَ  ٦

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Hadirin yang berbahagia…

Dari ayat di atas cukup menjelaskan kita semua secara detail dan luas tentang beegitu pentingnya tanggung jawab kita kepada diri kita, keluarga kita, saudara-saudara kita sesama muslim dari api neraka.

Bagaimana caranya???

Caranya yaitu memberikan pelajaran ilmu, yaitu ilmu dunia dan lebih-lebih ilmu akhirat yang memberikan pelajaran akhlaq yang mulia, sekarang kalau bukan kita siapa lagi?, dan kalau bukan sekarang kapan lagi?. Caba banyangkan jika kita tidak memahami tanggung jawab kita,bagaimana nasib bangsa ini dan anak cucu kita di masa depan nanti? Dan mudah-mudahan kita, keluarga kita, saudara-saudara kita tidak terjerumus masuk ke dalam api neraka dan terhindar dari siksa Allah kelak di hari kiamat.. Aamin!!!!

Saudaraku seiman dan seaqidah

Kita seorang muslim tidak hanya mengajarkan akhlaq yang mulia, pembelajaran ilmu dan agama, tetapi juga harus menugaskan merekan beribadah khususnya sholat dan mengeluarkan zakat, mau tahu ayat yang menjelaskan tentang beribadah? yuk kita bahas dalam Al-quran surat Toha ayat 132:


وَأۡمُرۡ أَهۡلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصۡطَبِرۡ عَلَيۡهَاۖ لَا نَسَۡٔلُكَ رِزۡقٗاۖ نَّحۡنُ نَرۡزُقُكَۗ وَٱلۡعَٰقِبَةُ لِلتَّقۡوَىٰ  ١٣٢

Artinya: dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa."

Hadirin  yang berbahagia....

Dari ayat di atas semakin menjelaskan kepada kita bahwa betapa pentingnya beribadah khsususnya sholat, kita juga berkewajiban, menyuruh dan memritah keluarga untuk menjalankan solat dan juga harus sabar menjalankannya jika tidak bisa dengan cara menyuruh maka wajib bagi kita untuk memukulnya dengan niat memberikan pelajaran bahwa pentingnya sholat, anggaplah sholat itu adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap hari. Itu semua agar keluarga kita memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang muslim dan memperkokoh tiang agama dengan cara solat seperti pada Al-quran surat Al-baqaroh ayat : 43


وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ  ٤٣

Artinya: dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku.

 Yang dimaksud Ialah: shalat berjama'ah dan dapat pula diartikan: tunduklah kepada perintah-perintah Allah bersama-sama orang-orang yang tunduk.
Hadirin yang berbahagia..

Marilah kita bangun dan evaluasi kembali diri kita agar tidak terjerumus dalam limbah kesesatan, pastinya dengan mejadi muslim yang responsible pada diri kita, keluarga kita dan juga saudara-saudara kita sesama muslim, sebagaimana yang telah disabdakan oleh rasululloh SAW yang menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan cara memperbaiki akhlaq manusia, beliau adalah sebaik-baiknya manusia yang wajib kita contoh, jika kita merasa menjadi eorang muslim maka lakukanlah apa yang beliau ajarakan kepada kita dengan cara menjadi seorang muslim yang responsible.

Hadirin yang berbahagia..

Dari pidato saya diatas kami dapat menarik dan merangkum sebuah kesimpulan yaitu muslim yang baik adalah yang bertanggung jawab pada dirinya, keluarganya dan saudara-saudaranya sesame muslim dengan cara mengerjakan semua tanggung jawab dan memberi bekal ilmu dan akhlaq yang mulia. Mudah-mudahan kitadijadiakan muslim yang bertanggung jawab. Aamien ! .. ya rabbal ‘alamin

Kurang lebih kami mohon maaf….

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhuh…



  

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "TANGGUNG JAWAB SEORANG MUSLIM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel