Keutamaan Orang Yang Senang Bershalawat Kepada Nabi Muhammad Saw


Santriweb.com - Dalam ibadah-ibadah yang lain, Allah Swt. Memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk mengerjakannya, namun khusus dalam perintah mengerjakan shalawat. 

Allah Swt, menyebutkan bahwa Allah sendiri bersalawat atasnya. Kemudian Allah memerintahkan kepada malaikat, baru kemudian kepada orang-orang yang beriman dan bertakwa untuk bersalawat kepada Rasulullah Saw. Sebagaimana dalam firman-Nya yang terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا  ٥٦

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dari dalil diatas menunjukan betapa pentingnya membaca membaca shalawat. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengucapkan shalawat serta salam untuk  baginda Rasulullah Saw. Mudah-mudahan dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi Saw kita akan mendapatkan syafatnya nanti di yaumil qiyamat.

Ada banyak manfaat dari mengucapkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Rasulullah Saw. Diantara hadis yang menjelaskan keutamaan orang yang senang membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Pertama: Membersihkan Dosa


Rasulullah Saw bersabda:

“bacalah shalawat atasku karena sesungguhnya shalawat atasku membersihkan dosa-dosamu, dan mintalah kepada Allah untukku wasilah”. Para sahabat bertanya: ‘apa wasilah itu?’ Beliau menjawab: “derajat yang paling tinggi di surga yang hanya seorangsaja yang akan memperolehnya dan aku berharap semoga akulah orang yang memperolehnya.”

Orang yang senang bershalawat akan di ampunkan dosa atau kesalahannya dan mendapatkan rahmat dari Allah Swt.

Rasulullah Saw bersabda:

“barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah Swt akan menurunkan sepuluh rahmat kepadanya (orang yang membaca shalawat) dan menghapus sepuluh kesalahannya.” (HR. Nasa’i)

Dari dua hadis diatas dapat disimpulkan bahwa orang yang senang membaca shalawat kepada Nabi Saw akan dapat membersihkan segala dosanya dan dapat rahmat dari Allah Swt. Jika dosa kita telah hilang dan kita semakin dekat dengan Allah maka apa yang kita ingginkan akan di cukupkan oleh Allah SWT.

Kedua: Dikabulkan Keinginan Kita.


Dengan bershalawat, akan dikabulkan keinginan kita yang di dunia mapun di akhirat. Hal  ini sesusai dengan janji Rasulullah Saw dalam hadisnya:

“barang siapa yang membacakan shalawat untukku pada suatu hari seratus kali, maka Allah akan memenuhi seratus hajatnya, 70 diantaranya nanti di akhirat dan 30 di dunia.” (HR. Ibnu Hajar. Kitab Jam’ul Jawami’  hal: 796)

Ketiga: Doa Cepat Terkabul.


Doa akan lekas dikabulkan oleh Allah ketika kita rajn mengucapkan shalawat dan salam kepada Rasulullah Saw sebuah hadis menceritakan bahwa Umar bin Khatab pernah berkata:

“saya mendengar bahwa doa itu ditahan diantara langit dan bumi, tidak dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas nabi Muhammad saw.” (HR. Tirmdzi)

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan tentang keutamaan orang yang membaca shalawat. Mari kita bersama-sama memperbanyak shalawat kepada junjungan kita nabi muhammad saw yang kita tunggu syafatnya nanti pada hari kiamat dengan mengucapkan “Allahumma sholi ala sayidina muhammad” sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wassalamualaikum Wr.Wb


   

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Keutamaan Orang Yang Senang Bershalawat Kepada Nabi Muhammad Saw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel