7 Keutamaan Bagi Orang Yang Membaca Al-Qur’an

       

Sungguh suatu kebahagian yang luar biasa jika seorang muslim dalam kesehariannya selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an, dengan membaca dan mentadaburi isi kandungan Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab suci agama islam, mempercainya merupakan tanda keimanan mereka yang beragama islam.


Ketika seseorang membaca Al-Qur’an banyak sekali keutamaan yang didapat bagi yang membacanya.

Diantara keutamaan-keutaman orang yang membaca Al-Qur’an:


Pertama, Orang yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan syafaatnya pada hari kiamat.


Rasulullah saw:


اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacaanya”.(HR. Muslim dari Abu Umamah).

Kedua, Orang yang membaca Al-Qur'an akan di belanya.


Dari An-Nawwas bin Sam’an ra, katanya; aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “didatangkan pada hari kiamat Al-Qur’an dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului dengan surat Al-Baqarah dan Ali Imran yang membela pembaca kedua surat ini”.(HR. Muslim).

Ketiga, Orang-orang belajar dan mengajarkan Al-Qur'an termasuk orang yang baik.


Dari Utsman bin Affan ra, katanya: Rasulullah saw bersabda: “sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Al-Bukhari).

Keempat, orang yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


Dari Ibnu Mas’ud ra, katanya: Rasulullah saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu satu huruf dan mim satu huruf”. (HR. At-tirmizi, katanya: hadist hasan shahih).

Kelima, Orang yang membaca Al-Qur'an selama di dunia akan di akan diangkat derajatnya di akhirat kelak.


Dari Abdullah bin Amr bin Al-’Asroa bahwa Rasulullah saw bersabda: “Dikatakan kepada pembaca Al-Qur’an. Bacalah, naiklah dan bacalah dengan pelan sebagimana yang telah kamu lakukan di dunia, karena kedudukanmu adalah pada ayat terakhir yang kamu baca”. (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi dengan mengatakan: hadis hasan shohih).

Keenam, Orang yang pandai dalam membaca Al-Qur'an akan bersama Malaikat yang taat dan mulia


Dari Asyiah ra, katanya: Rasulullah saw bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

 “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tergagap (terbata-bata) dan susah membacanya baginya dua pahala (pahala membaca dan pahala susah payahnya)”. (HR. Mutafaq ‘Alaih).

Ketujuh, Orang-orang yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya dimulyakan oleh Allah SWT.


Dari Ibnu Umar ra: Rasulullah saw bersabda: “Tidak boleh hasud (mengharapkan seperti apa yang dimiliki orang lain) kecuali dalam dua perkara, yaitu: orang yang dikarunai Allah Al-Qur’an lalu diamalkannya pada waktu malam dan siang, dan orang yang dikarunai Allah harta lalu diinfakkannya pada waktu malam dan siang”. (HR. Mutafaq ‘Alaih).

Itulah keutamaan membaca Al-Quran, semoga kita bisa menjadi ahlul quran dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "7 Keutamaan Bagi Orang Yang Membaca Al-Qur’an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel