5 Keutamaan Dalam Berdoa

5 Keutamaan Dalam Berdoa

Sahabat muslim Rahimakumullah, doa merupakan titik temu terdekat antara hamba dengan Tuhannya. Doa adalah senjata, benteng, obat, dan pintu segala kebaikan dan masih banyak lagi keutamaan yang lainnya. Karena itu, termasuk orang yang sombong adalah mereka yang menyia-nyiakan doa.  Padahal doa merupakan pantulan keluasan rahmat Allah yang dicurahkan kepada hambanya. Maka, sungguh ironis apabila kita termasuk orang yang menyia-nyiakan rahmat Allah. Hanya karena ketidakpahaman kita kepada eksistensi, kedudukan, dan fungsi doa dalam kehidupan manusia.


Sahabat muslim tahukah kamu? keutamaan doa sanggatlah agung dan penting.  Banyak ayat Al-Qur’an dan sunnah nabawiyah yang menjelaskan keutamaan dan keagungan doa, di antaranya adalah sebagai berikut:

doa merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah.


Allah SWT berfirman dalam Q.S Ghafir 40: 60.


وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدۡعُونِيٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسۡتَكۡبِرُونَ عَنۡ عِبَادَتِي سَيَدۡخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ  ٦٠

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

doa merupakan ibadah yang mulia di sisi Allah.


Rasulullah saw bersabda yang artinya
tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah selain doa”. (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad)

BACA JUGA: 6 ADAB DALAM BERDOA


Doa mampu menolak takdir. 



Sebagaimana Rasulullah saw bersabda yang artinya.

utusan atau qadha’ adalah tidak bisa ditolak kecuali dengan doa. Dan tidak ada sesuatu yang bisa menambah umur kecuali kebaikan atau al-birr.(H.R Tirmidzi dan Al-Hakim)

Orang yang paling lemah adalah orang yang meninggalkan doa.


Sebagaimana Rasulullah saw bersabda yang artinya:

orang yang lemah adalah orang yang meninggalkan berdoa dan orang yang paling bakhil adalah orang yang bakhil terhadap salam”. (H.R Al-Haitsami dan At-Tabrani dishahihkan oleh Al-Albani)

Doa adalah obat yang mujarab.


Menurut said Thanthawi, doa merupakan salah satu obat penawar, kerena doa adalah bentuk zikir kita kepada Allah. Dengan berzikir, seseorang akan mendapatkan ketenangan dan kesehatan baik jasmani ataupun rohani.

Itulah lima keutamaan doa menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Semoga menjadi motivasi kita dalam berdoa kepada Allah dan apa-apa yang kita hajatkan dikabulkan oleh Allah. Amin...

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "5 Keutamaan Dalam Berdoa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel