Indahnya Bersahabat Karena Allah

Indahnya Bersahabat Karena Allah

Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap seama saudaranya. dan, sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya. (H.R Ahmad, Turmudzi, ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi)

Mustahil jika ada manusia yang mampu hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantungan dengan orang lain Rasulullah selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menghargai dan menghormati sesama manusia apa lagi sesama orang islam atau orang beriman bahkan Rasulullah pernah bersabda "tidaklah beriman seorang hamba sehingga dia mencintai teangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri." Begitu besarnya Rasulullah memulyakan tentangga dan saudaranya.

Maka kita sebagai makhluk yang diciptaan Allah, yang saling membutuhkan wajib untuk memperhatikan lingkungan tempat kita tinggal, jangan sampai kita hanya memperkaya diri kita sendiri sedangkan tentangga atau sahabat kita kelaparan. sebagiman sabda nabi saw

sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap seama saudaranya. dan, sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya. (H.R Ahmad, Turmudzi, ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi)

Jadilah kita saudara atau sahabat yang dicintai Allah dengan cara berbuat baik dengan cara menolong saudara atau tetangga kita yang sedang membutuhkan pertolong, jangan sampai kita tidur dalam keadaan kenyang tetapi teangga kita kelaparan anak-anaknya kelaparan dan tak dapat mengenyam pendidikan. maka kata Allah dalam firmannya dalam Q.S Ali-Imran 103


وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعٗا وَلَا تَفَرَّقُواْۚ  
"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai"

Sekali lagi jadilah tetangga yang dicintai Allah. Bersahabat yang dicintai Allah yaitu manjadi menjadi manusia yang empati dan simpati dengan cara tebarkan cinta didunia ini. jauhkan benci dan hasut di hati. Tebarkan salam (keselamatan) dan silaturahmi, karena islam adalah agama yang mengajarkan keselamatan kedamaian dan ketentraman.

Bagaimana Dengan Pelajar

Sebagai seorang pelajar bersahabat yang diridhai oleh Allah adalah sahabat yang tidak pernah menyakitkan temannya baik secara lisan maupun perbuatan. sahabat yang baik. Ia tidak melihat bentuk fisiknya, rupa maupun warna kulitnya. Tidak saling saling membully apa lagi menyakit'i. Yang ada hanyalah menghargai dan saling tolong menolong dalam segala kebaikan. Sebaik-baik sahabat adalah sahabat yang selalu berbuat baik terhadap saudaranya contoh kecil meminjamkan bulpen jika teman tidak membawah bulpen, membatu teman ketika tidak memahami salah satu pelajaran di sekolah, dan memberikan motivasi untuk bersama-sama giat dalam belajar. Sahabat atau teman seperti inilah yang di cintai Allah saling mengingatkan dalam kebenaran dan berasing dalam kebaikkan.


فَٱسۡتَبِقُواْ ٱلۡخَيۡرَٰتِۚ
Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan.

sahabat santriweb.
hidup hanya sekali hiduplah yang berarti, jangan menyakiti karena dirimu tak mau disakiti


uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Indahnya Bersahabat Karena Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel