Cara Menangkal Penyakit Menurut Al-Qur’an dan Sunnah


Belakangan ini di linimasa media sosial banyak bermunculan berita tentang sebuah penyakit baru. Membuat kita dilanda ketakutan, kebimbangan, dan kewaspadaan. Dunia diselimuti duka, Menimbulkan rasa empati dari berbagai belahan dunia. Berkaitan dengan penyakit yang tengah mewabah tersebut Rasulullah SAW bersabda.

Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya.”(HR. Bukhari no. 5641.)

Maka bersyukurlah kita yang belum terkena dampak wabah penyakit tersebut dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dan mendoakan kebaikan untuk mereka yang sedang di landa penyakit tersebut. Semoga yang sudah ditimpa, diberi kesembuhan dan diberi sehat seperti sedia kala.dan kita yang belum terdampak harus tetap waspada  untuk bersiap menghadapi keadaanyang mungkin terjadi. Semoga kita semua terhindar dari penyakit berbahaya

Lantas apa tindakan kita sebagai orang yang belum terdampak?

Sudah banyak referensi yang berkaitan dengan sikap pencegahan. Agar kita terhindar dari wabah mematikan. Maka, praktekkan cara dan pola pencegahan tersebut sebisanya. Ini adalah bentuk ikhtiar kita sebagai manusia.
Baca Juga: Membentuk Akhlaq Dengan Al-Quran
Yang paling penting, jangan lupa berdo'a. Karena do'a adalah benteng terbaik kita. Sekuat apapun usaha, tetaplah Allah SWT yang menentukan segalanya. Janganlah khawatir kita menjadi lemah dan tak berdaya, karena kita punya Allah Yang Maha Perkasa.
Berikut amalan doa doa agar kita terhindar dari penyakit.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Alloohumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawwuli ‘aafiyatik, wa fujaa’ati niqmatik, wa jamii’i sakhothik.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu. (HR. Muslim)

Selanjutnya yakni selalu menjaga kebersihan, Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya: kebersihan adalah separoh dari iman (HR. Muslim). Maka seyogyanya seorang muslim harus menjaga kebersian mulai dari makan maupun pakaian, agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Maka Allah berfirman dalam Firmannya dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 168 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي ٱلۡأَرۡضِ حَلَٰلٗا طَيِّبٗا وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوّٞ مُّبِينٌ  ١٦٨ 

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu

Dari sini jelaslah bahwa Allah menyuruh manusia untuk memakan sesuatu yang halal حَلَٰلٗا طَيِّبٗا, tidak hanya halal tetapi juga yang baik طَيِّبٗا, dan Allah juga melarang kita untuk mengikuti syaitan yang selalu mengajak kita kejalan yang sesat. Maka menjadi seorang muslim yang beriman haruslah mengamalkan apa-apa yang telah di perintahkan oleh Allah di dalam Al-Qur’an, agar selamat dunia dan akhirat.

Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan semoga bermanfaat semoga kelurga dan saudara kita diberikan kesehatan dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Dan semoga yang sakit segera disembuhkan. Amin..

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Cara Menangkal Penyakit Menurut Al-Qur’an dan Sunnah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel