7 Keutamaan Bagi Orang Yang Selalu Bersabar


Tidak akan menyesal bagi orang yang selalu bersabar karena buah dari kesabaran teramatlah manis. Bila tidak dinikmati sekarang, kelak akan dinikamatinya nanti di tempat yang abadi di negri akhirat. Hanya Allah yang mengetahuinya. Allah tidak akan menyia-nyiakan bagi orang yang bersabar di dunia ini. Allah telah menjandikan bagi orang yang besar berupa kenikmatan yang amat luar bisa. Maka dari itu penulis akan menjelaskan tujuh keutamaan bagi orang yang bersabar yang mana telah tertulis dalam buku Dasyatnya Kekuatan Sabar yang di tulis Ummu Asma diantara keutamaan orang yang bersabar:

Pertama, Allah SWT Selalu Menyertai Orang yang Sabar.

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ  ١٥٣.....
“...sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah 2: 153)

Ketika Allah yang maha merajai, Allah yang maha kuat, telah telah menyertai orang yang sabar. Maka segala masalah akan terasa ringan dan amat mudah untuk dihadapi.

Kedua, Memperoleh Kecintaan Allah SWT

وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلصَّٰبِرِينَ  ١٤٦.....
“...Allah menyukai orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Imran 3:146)

Siapa yang tak ingin dicintai oleh Allah yang telah menghidupkan dan mematikan manusia, dan yang mengabulkan segala pinta hamba-Nya. Dialah orang yang sabar yang berhak akan cinta-Nya.

Ketiga, Memperoleh Rahmat dan Petunjuk

أُوْلَٰٓئِكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوَٰتٞ مِّن رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٞۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُهۡتَدُونَ  ١٥٧
"Mereka itulah yang mendapat ampunan dan rahmat dari Allah dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."(Q.S Al-Baqarah 2: 157)

Manusia mana yang tidak ingin diampuni dosanya dan mendapatkan Rahmat-Nya. Maka dengan besar (sabar dalam ketaatan menjalankan apa-apa yang diperintah oleh Allah dan menjahui apa-apa yang dilarang oleh-Nya) kita akan diberikan jalan/petujuk menuju ampunan dan rahmat-Nya dan tak akan tersesat selama-lamanya.

Keempat, Akan Memperoleh kemenangan

إِنِّي جَزَيۡتُهُمُ ٱلۡيَوۡمَ بِمَا صَبَرُوٓاْ أَنَّهُمۡ هُمُ ٱلۡفَآئِزُونَ  ١١١
"Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang". (Q.S Al-Mu’minun 23: 111)

Hidup di dunia ini merupakan ujian atau cobaan bagi mereka yang beriman. Ujian ini bisa berupa harta (kekurangan harta atau berlimpahnya harta), jabatan, buah-buahan, atau keluarga. Jika mereka bisa bersabar dalam artian dapat melawan hawa nafsunya dengan menjalankan amanah dan tanggung jawab yang telah diembannya maka ia termasuk orang yang beruntuk mendapatkan kemenangan disisi Allah SWT.

Kelima, Memperoleh Surga

أُوْلَٰٓئِكَ يُجۡزَوۡنَ ٱلۡغُرۡفَةَ بِمَا صَبَرُواْ وَيُلَقَّوۡنَ فِيهَا تَحِيَّةٗ وَسَلَٰمًا  ٧٥
"Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya." (Q.S Al-Furqon 25: 75)

Siapa yang tidak menginginkan surga, tempat segala kenikmatan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya dan hanya orang-orang yang sabar yang berhak menerimanya.

Keenam, Memperoleh Ampunan dan Pahala Yang Besar

إِنَّ ٱلۡمُسۡلِمِينَ وَٱلۡمُسۡلِمَٰتِ وَٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِ وَٱلۡقَٰنِتِينَ وَٱلۡقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلۡخَٰشِعِينَ وَٱلۡخَٰشِعَٰتِ وَٱلۡمُتَصَدِّقِينَ وَٱلۡمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلۡحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمۡ وَٱلۡحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرٗا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغۡفِرَةٗ وَأَجۡرًا عَظِيمٗا  ٣٥
"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S Al-Ahzab 33: 35)

Allah swt sangat menghargai setiap perbutan baik yang dilakukan hamba-hamban-Nya, baik laki-laki maupun perempuan termasuk mereka yang bersabar dalam ketaatan. Bagi mereka telah dijanjikan oleh Allah yang maha penepati janji berupa ampunan dan pahala yang besar. 

Ketujuh, Memperoleh Pahala Tanpa Batas

إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ  ١٠
“....Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S Az-Zumar 39: 10)

Orang yang bersabar akan memperoleh balasan yang sempurna dari Allah SWT. Sungguh sangat beruntung orang-orang yang memilih untuk bersabar dalam menghadapi segala ketetapan Allah Swt karena Allah Swt akan memberi pahala tanpa batas. 

uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "7 Keutamaan Bagi Orang Yang Selalu Bersabar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel