Sepuluh Hal Yang Tidak Bermanfaat

sahabat santri, hal yang kita idam-idamkan adalah bisa bermanfaat bagi orang lain, khusunya bagi diri sendiri. Akan tetapi, tanpa kita sadari kadang-kadang kita sering melakukan hal yang tidak ada manfaatnya bagi kita. maka penulis akan menguraikan sepuluh hal yang tidak bermanfaat (sia-sia) yang harus kita hindari, yaitu sebagai berikut:

1. Ilmu Yang Tidak Diamalkan.


ilmu yang tidak bermanfaat adalah ilmu yang tidak mau diamalkan, ilmu adalah titipan Allah menyebarkan ilmu adalah kewajiban kita. Rasulullah pernah bersabda kita anak Adam mati putus seluruh amal mereka kecuali 3 perkara yang pertama ilmu yang bermanfaat, amal jariah, dan anak yang soleh yang mendoakan orang tuanya. Maka sebarkan ilmu walau satu ayat. Jangan sampai ilmu yang kita peroleh tidak bermanfaat..!! 

apa ilmu yang tidak bermanfaat itu shobat? 

ilmu yang tidak mau di amalkan khususnya untuk diri sendiri...

2. Amal Tanpa Iklas dan Tanpa Mengikuti Tuntunan Rasulullah Saw.


selanjutnya Amal tanpa iklas, iklas bukan hanya ucapan di mulut, contohnya ni gua iklas kok tapi ekspersi bibir yang manyun. bukan itu shobat yang namanya iklas. trus apa dong, iklas itu ibaratnya kata nabi kita memberi dengan tangan kanan tapi tangan kiri ini gak tahu, so gak perlu lah kita umbar-umbar cukup kita dan Allah yang tau sobat. kerjakan sesuatu karena Allah dan Rasul nya yang melakukan sesuatu yang tidak berasal dari Rasulullah karena membuat amalan kita bisa tertolak. so ingat sesuat tuntunan Rasulullah saw.

3. Harta Yang Tidak Diinfakkan, Yakni Tidak Digunakan Untuk Kehidupan Dunia dan Tidak Diinfakkan Untuk Kehidupan Akhirat.


poin yang ketiga ini sobat coba perhatikan ya ungkapannya, harta yang tidak di infakkan di jalan Allah. ini orang bisa disebut kikir, pelit, garam tukuk. Maka sobat hal ini harus di jauhi karena suatu yang sangat tidak bermanfaat. Kata Rasul harta yang bermanfaat adalah harta yang difakkan, harta yang kita infakkan ini akan menjadi tabungan kita nanti di akhirat, selama harta yang kita infakkan masi berguna bagi orang banyak maka akan menjadi bekal kita nanti kelak di akhirat. jadi shobat jangan pelit oyo berinfak.

4. Hati Yang Kosong dari Muhabbatullah ‘Mencintai Allah’ dan Hampa dari Kerinduan Terhadap-Nya.


hati yang kosong dari mencintai Allah, penyakit ini lebih gawat dari penyakit kangker setadium 4 shobat. jika kita tak bisa mencitai Allah bagaimana Allah mencintai kita, Allah adalah Yang Maha Mencintai bagi orang yang mencintai Nya. tapi seperti Apa manusia yang tidak mencintai Allah? diantara orang yang tidak mencintai Allah adalah orang-orang yang selalu melanggar perintah-perintah Nya. kalau bahasa kita nie bengal. tak nurut perintah Allah selalu menjalankan apa yang di larang Allah. mulai sekarang ini jauhi perbuatan ini.

5. Badan Yang Tidak Digunakan Untuk Beribadah Mentaati Allah Azza Wa Jalla.


sobat di antara ciri-ciri manusia yang bersyukur adalah dengan cara beribadah kepada Allah. coba sobat bayangkan ini kita uda di kasi tangan kaki otak dan sebaginya, ternyata gak di gunakan untuk beribadah kepada, ini manusia jenis apa ya? ini manusia yang tidak BERMANFAAT gak bersyukur alias Kufur shobat. Jadi jauhi sikap ini sobat, sangat bahaya sekali Allah pengacam manusia seperti ini orang yang kufur kata Allah akan di azab oleh Allah. 

Mau di azab? gak mau kan, ya uda mumpung masi muda ini perbanyak ibadah kepada Allah. bukankah Allah menciptakkan kita untuk ibadah kepadaNya

6. Mahabbah ‘Cinta’ Yang Tidak Terikat Oleh Keridhaan Sang Kekasih dan Tidak Terikat Oleh tali  Kepatuhan Terhadap Perintah-perintah-Nya.


cinta yang bukan karena Allah, cinta seperti ini condongnya mencintai sesuatu karena nafsu. Cinta karena nafsu subernya berasal dari setan. yang namanya setan ini kita tahu tugasnya menjerumuskan manusia ke Neraka. sungguh menjadi kesia-siaan jika kita mencitai bukan karena Allah. Terus bagaimana menubuhkan kecintaan kepada Allah?. yang pertama perbanyak ilmu agama, selanjutnya dekat dengan para alim ulama, mencintai Rasul-Nya dan ahlul bait, dan memperbanyak ibadah. itulah amalan yang dapat kita derapkan agar kita dapat mencintai sesuatu karena Allah, bukan sebaliknya.

7. Waktu Yang Tidak Dimanfaatkan Untuk Memperbaiki Masa Lalu dan Meraih Keuntungan dari Kebajikan.


masa lalu mengkin tidak dapat kembali lagi, tetapi masa kerang adalah masa yang harus lebih baik dari pada masa lalu agar kita tidak menjadi orang yang merugi. Rasulullah pernah bersabda "orang yang beruntung adalah adalah hari ini lebih baik dari hari kemaren, disebut orang yang rugi adalah hari ini sama dengan hari kemaren, dan orang yang celaka adalah hari ini lebih jelek dari hari kemaren" (hadis). Jadi jelaslah ungkapan Rasul ini sungguh tidak ada manfaatnya jika kita tidak dapat memperbaiki masa lalu kita.

8. Pikiran Yang Menerawang Untuk Hal-hal Yang Tidak Berguna.


Pikiran yang menerawang untuk hal-hal yang tidak berguna alias SUKA MENGHAYAL. orang seperti ini hobinya hanya melalmun saja, tanpa ada tindakkan yang pasti. Suka menghayal adalah perbuatan yang tidak ada manfaatnya, dalam kehidupannya yang di lakukan hanya menerawang untuk hal-hal yang tidak berguna, ibarat kata dalam kamus kesehariannya cuma ada ungkapkan ANDAIKAN. Hal seperti ini harus kita hindarkan. Caranya? lakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca buku, keluar rumah mencari nafkah, menghadiri majlis taklim, dan hindari menyendiri.

9. Pelayanan atau pengkhidmatan kepada orang yang tidak mendekatkan engkau kepada Allah dan tidak mendatangkan kemaslahatan bagi duniamu dan akhiratmu.


Pelayanan atau pengkhidmatan kepada orang yang tidak mendekatkan engkau kepada Allah, adalah pekerjaan yang mana ketika kita melakukan sesuatu akan mengakibatkan kita jauh dari Allah. contoh melayani orang yang berada di hiburan malam, seperti diskotik, celab malam dan sebagainya. terus apa yang dapat kita lakukan, jauhi tempat seperti itu. 
jika suda telanjur masuk bagaimana?
keluarlah dan carilah pekerjaan yang di ridoi Allah. kerana sesungguhnya Allah tidak akan membebankan hambanya sesuai dengan kesanggupannya.

10. Rasa takut dan mengharap kepada manusia (makhluk) sebagai tawanan Allah dan sebagai zat yang tidak dapat memberi manfaat dan mudarat serta tidak mampu menghidupkan dan mematikan.


satu hal yang perlu kita ketahui, jangan pernah berharap kepada manusia. Berharaplah kepada Allah. karena manusia adalah makhluk yang lemah, tidak ada daya tanpa pertolongan Allah. Manusia hanya sebagai perantara. Jadi jangan mengharap kepada manusia, karen itu tidak bermanfaat bagi kita.  

Kesia-siaan yang paling besar dari sepuluh hal ini adalah dua buah yang merupakan pangkal dari semua kesia-siaan tersebut:


  •  Disia-siakannya hati akibat mementingkan dunia daripada akhirat.
  •  Disia-siakannya waktu lantaran panjang-nya angan-angan.


semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga di jauhkan dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr.Wb
uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Sepuluh Hal Yang Tidak Bermanfaat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel