Pengertian dan Dasar Perkawinan Dalam Islam

 

perkawinan dalam islam ialah suatu akad atau perjanjian yang mengikat antara laki-laki dan perempuan untuk menghalalkan hubungan biologis antara kedua belah pihak dengan sukarela berdasarkan syariat islam. kerelaan kedua belah pihak merupakan suatu modal utama untuk mewujudkan kebahagiaan hidup berkeluarga yang meliputi rasa kasi sayang dan ketentraman (sakinah) dengan cara-cara yang diridloi Allah SWT. Islam memandang dan menjadikan perkawinan itu sebagai basis  suatu masyarakat yang baik dan teratur, sebab perkawinan tidak hanya dipertalikan oleh ikatan lahir saja, tetapi juga dengan ikatan bathin.

islam mengajarkan bahwa perkawinan itu tidaklah hanya sebagai ikatan bisa seperti perjanjian jual beli atau sewa menyewa dan lain-lain, melainkan merupakan suatu perjanjian suci (mitsaqon gholidhon), dimana kedua belah pihak dihubungkan menjadi suami istri atau menjadi pasangan hidup dengan mempergunakan nama Allah SWT, sabda Rasullah saw,:
"takutlah kepada Allah akan urusan perempuan, sesungguhnya kamu ambil mereka dengan amanah Allah dan kamu halalkan mereka dengan kalimat Allah", (H.R Muslim)

Dasasr perkawinan menurut islam antara lain:

Firman Allah SWT,(Q.S An-Nur: 32)

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ  ٣٢
Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Sabda Rasullah SAW

Artinya"... dan akupun juga menikah, maka siapa benci pada sunnahku berati bukan masuk umatku." (H.R. Muttafuqun alaih).

Dapat disimpulkan bahwa:

  1. perkawinan merupakan suatu perjanjian suci (mitsaqon gholidhon), dimana kedua belah pihak dihubungkan menjadi suami istri atau menjadi pasangan hidup dengan mempergunakan nama Allah SWT.
  2. perkawinan dalam islam ialah suatu akad atau perjanjian yang mengikat antara laki-laki dan perempuan untuk menghalalkan hubungan biologis antara kedua belah pihak dengan sukarela berdasarkan syariat islam.
  3. Allah akan mencukupkannya bagi mereka yang mau menikah.
  4. nikah merupakan sunnah nabi Muhammad saw.


uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

1 Response to "Pengertian dan Dasar Perkawinan Dalam Islam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel