Orang-Orang Yang DiJamin Masuk Surga


Orang-Orang Yang DiJamin Masuk Surga

Manusia yang pertama kali masuk surga adalah Rasulullah saw, karena beliaulah yang mampu membuka surga dan tidak akan dibuka dulu kecuali melalui Beliau dulu. lantas, setelah Rasulullah saw orang yang perta masuk surga dari kalangan umat Muhammad adalah Abu Bakar ra. Nabi Muhammad saw bersabda :

jibril datang kepadaku, lalu menyambut kedua tanganku untuk memperlihatkan pintu surga kepadaku yang akan dimasuki oleh umatku” (H.R Muslim).

Abu Bakar pernah berkata, “ ya Rasullah, aku ingin kiranya aku bisa menyertaiMu sehingga aku bisa melihat pintu surga itu.” Nabi Muhammad saw bersabda, “adapun engkau, wahai Abu bakar, adalah orang yang pertama-tama masuk surga dari kalangan umatku.” (H.R Abu dawud dari Abu Hurairah)
Selain abu bakar, ada juga sembilan orang yang dijamin masuk masuk kedalam surga. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda “ dari Abdurrahaman bin Al-akhnash, bahwa dia di masjid, lantas ada yang menyebut Ali ra, maka Sa’id bin Zaid berkata aku bersaksi atas Rasulullah saw bahwa aku mendengar beliau berkata, ‘sepuluh orang di surga, Nabi di surga, Abu Bakar di surga, Umar di surga, Usman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair bin Al-awwam, Sa’an bin Malik di surga, Abdurrahman bin Auf, dan kalau mau aku tunjukkan yang kesepuluh, siapa dia? ‘lantas (sa’id bin zain) pun diam, Rawi berkata, ‘siapa dia? ‘ dia berkata ‘Sa’id bin Zaid” (H.R Abu daud no. 4031, Turmudzhi No, 3680).

Selain itu, Rasulullah saw juga menyebutkan beberapa orang yang dijamin masuk surga, antara lain Fatimah, Bilal, Hasan dan Husain. Tentang Fatimah misalnya, Rasulullah saw bersabda:

dari Aisyah berkata, “ Fatimah datang berjalan kaki, (dengan cara jalan) seakan jalannya adalah jalannya Nabi saw nabi berkata, ‘selamat datang putriku, ‘kemudian beliau dudukkan sebelah kanan atau sebelah kiri kemudian membisikkan kepada beliau satu pembicaraan, lantas beliau menangis, aku berkata kepadanya, ‘kenapa engkau menangis? ‘kemudian membisikkan kepadannya dengan satu pembicaraan, lantas beliau tertawa, aku berkata, ‘tidaklah aku melihat seperti hari ini satu kegembiraan dekat dengan satu kesedihan, aku bertanya kepadanya, tentang apa yang dikatakan beliau. ‘Fatimah berkata, aku tidak akan membongkar rahasia Rasuulllah sampai belau wafat.’ Maka aku tanyakan, beliau berkata, ‘beliau membisikan kepadaku bahwa Jibril menyimak aku Al-quran setiap tahun sekali dan tahun ini menyimak saya dua kali, dan tidaklah aku lihat kecuali ajalku telah datang, dan engkau adalah awal kelaurgaku yang pertama kali menyusul aku maka aku menangis. Lantas belau berkata, ‘apa engkau tidak rido bahwa engkau menjadi penghulu wanita ahli surga atau penghulu wanita mukminin maka aku tertawa untuk itu. (H.R Bukhari No. 3353)

Selain orang-orang yang disebutkan namanya oleh Rasulullah akan masuk ke surga maka kita juga bisa mendapatkan sifat-sifat orang yang di jamin masuk surga. Orang-orang yang beriman dan beramal salih-siapapun dia- di jamin akan masuk surga, sebagaimana firman-Nya:

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُۖ كُلَّمَا رُزِقُواْ مِنۡهَا مِن ثَمَرَةٖ رِّزۡقٗا قَالُواْ هَٰذَا ٱلَّذِي رُزِقۡنَا مِن قَبۡلُۖ وَأُتُواْ بِهِۦ مُتَشَٰبِهٗاۖ وَلَهُمۡ فِيهَآ أَزۡوَٰجٞ مُّطَهَّرَةٞۖ وَهُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ  ٢٥

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya”. (Q.S. Al-Baqarah:25)

Sungguh sebuah kebahagiaan bagi para calon penghuni surga, karena yang menyambut masuk surga adalah Allah dan Malaikat. Bahkan Allah pun mengucapkan salam kepada mereka, sebagaiman firman-Nya:

سَلَٰمٞ قَوۡلٗا مِّن رَّبّٖ رَّحِيمٖ  ٥٨

 “(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.”(Q.S. Yasin: 58).

Ya tak hanya salam. Bahkan kita pun diberikan kenikmatan untuk bertemu dengan wajah Allah. Itulah puncak kenikmatan yang diberikan di surga. Allah berfirman:

وُجُوهٞ يَوۡمَئِذٖ نَّاضِرَةٌ  ٢٢ إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٞ  ٢٣

“Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat”.(QS. Al-qiyamah:22-23).

Semoga kita termasuk ahli surga aamiin.
uchu budi Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang banyak.

0 Response to "Orang-Orang Yang DiJamin Masuk Surga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel